Yayasan Nur Ummat. Konsulat Priangan angkatan 2008 kembali mengadakan perkumpulan pada hari ahad tanggal 4 Juli 2010, Seperti rencana pada perkumpulan sebelumnya, silaturrahmi kali ini akan membahas tentang beberapa hal:

  1. 1. Pembentukan dasar keorganisasian yang jelas dan tertuju

Konsulat priangan yang telah mengadakan perkumpulan berkali-kali harus mempunyai manfaat agar silaturrahmi yang diadakan tidak menjadi hambar dan tak bermanfaat. Oleh karena itu perlu diadakan struktur organisasi yang jelas sehingga lebih efektif dalam pergerakan dan bermanfaat dalam beramal.

Hal yang pertama dilakukan adalah pemilihan Ketua dan Wakil ketua, keduanya diambil dari para ikhwan, sedangkan akhwat posisinya sebagai koordinator bukan sebagai ketua.

Cara pemilihan diadakan dua putaran, putaran pertama yaitu pemilihan kandidat calon ketua yaitu empat orang terbanyak yang terpilih. Sedangkan putaran kedua yaitu pemilihan empat orang yang lolos pada putaran pertama dan yang mendapat suara terbanyak akan menjadi pemimpin organisasi ini dan yang terbanyak kedua akan menjadi wakil yang akan membantu pemimpin.

Pemilihan dimulai dengan membagikan surat suara yang harus diisi pemilih, setelah semua mengumpulkan surat suara, yang bertindak sebagai petugas penghitung suara yaitu Rizki Adha sebagai pembaca, Kurniawan sebagai penulis, dan Desti sebagai pengesah surat suara.

Setelah Perhitungan yang sengit terpilih 7 orang bakal calon yaitu Zainal(12), Sulton(12), Dzulfikri(1), Lola(1), Kurniawan(2), Kusnadi(1) dan Rizki Adha(9), dari calon tersebut otomatis terpilih empat calon yaitu Zainal, Sulton, Rizki Adha dan Kurniawan.

Surat suara kembali dibagikan untuk pemilihan ketua putaran kedua, setelah pembacaan jumlah suara setiap calon secara sengit akhirnya masing masing mendapat suara: Zainal(17), Sulton(10), Kurniawan(3), Rizki Adha P(12). Terpilih sebagai ketua yaitu Zainal Muttaqin sebagai ketua dan Rizki Adha Pradikto sebagai wakil ketua.

Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua Zainal Muttaqin yang berisi poin-poin sebagai berikut:

Dari kebersamaan Konsulat Priangan angkatan 2008 ini kita mulai dari hal yang kita bisa untuk menciptakan pergerakan dan target  kedepannya yaitu menyatukan konsulat dari semua angkatan.

Pemilihan ketua hanya formalitas, jadi seandainya ketuanya tidak ada ataupun abah tidak ada bukan berarti seluruh kegiatan tidak terlaksana, dalam konsulat ini kita berusaha untuk saling  bermanfaat.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari wakil ketua Rizki Adha Pradikto:

Mengurus anggota itu lebih mudah daripada mengurus teman sendiri, anggota lebih sedikit beban perasaan dibandingkan teman sendiri, kita harus berfikir kreatif untuk bisa menyuruh, menyindir, mengatur dengan cara yang sehalus mungkin agar tidak terjadi gesekan perasaan.

Orangtua pernah merasa kesal karena selalu pergi ke perkumpulan konsulat dan menanyakan alasannya, yang bisa dikatakan adalah karena disana banyak orang-orang yang berpotensi dan sayang kalau tidak dipotensikan. Orang tua mempunyai banyak cita-cita tapi satu pemuda dapat mengubah dunia.

Wakil ketua yang mantan Pembina Gugus depan 13 ini juga mengatakan bahwa kalau seandainya konsulat hanya mengadakan perkumpulan laki-laki saja, melihat pengamatan yang terjadi, biasanya mereka hanya membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan pondok dan kebanyakan hal negatif sehingga susah untuk berkembang. Dengan perkumpulan antara akhwat dan ikhwan ini kalau seandainya diorganisir dengan baik, bukan hal yang mustahil perkumpulan ini akan berkembang dengan pesat.

Setelah sambutan, ketua kami yang memang sudah banyak merasakan pengalaman berorganisasi, langsung membuat draft kasar struktur organisasi Konsulat Priangan angkatan 2008, pemilihan bagian langsung menurut pengajuan pribadi orang tersebut, jadi yang ditulis dibawah hanya orang-orang yang datang pada perkumpulan ini, sedangkan yang belum tertulis akan menyusul.

STRUKTUR ORGANISASI SEMENTARA KONSULAT PRIANGAN ANGKATAN 2008

Ketua:

Ahmad Zainal Muttaqin

Wakil Ketua:

Rizky Adha Pradikto

Sekretaris:

Susilawati

Senny Sa’adah Hambali

Bendahara:

Annisa Insani Zulkarnain

Septy Nurhudan

Selpi Hidayanti

Humas:

Adam Machmuddin

Ryan Fauzian

Jaya Kusuma Wardani

Koordinator Putra:

M Faizal Ramdhani

Kusnadi

Sultonul Aulia

Kurniawan Nur Pratomo

Koordinator Putri:

Desty Dina Daniar

Laola B. Wawa

Publikasi:

Hasanal Bolqiah

Dzulfikri Al Mutawadli

Yusuf

  1. 2. Perencanaan kegiatan bulan ramadhan

Tanpa terasa bulan ramadhan akan kita sambut beberapa minggu lagi tepatnya tanggal 11 Agustus, karena itu perlu diadakan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk organisasi ini, banyak sekali usulan-usulan yang keluar dari ikhwan maupun akhwat, beberapa diantaranya:

Pesantren Kilat

Tujuan pengadaan sanlat, pertama, membuat format yang berbeda dalam pengajaran sanlat khususnya dalam penyampaian materi, sehingga mengubah paradigma sanlat yang membosankan dan kaku, sanlat disini bagaimana kita memberikan motivasi pada anak-anak untuk semangat dalam belajar agama, jadi tidak terlalu terfokus pada pelajaran yang berat, tetapi hanya dasar-dasarnya saja.

Kedua, untuk membatasi pergerakan santri yang akan mengadakan sanlat, karena dari pengalaman yang telah dilakukan, sanlat yang diadakan santri lebih banyak hal negatif daripada positif.

Bakti Sosial

Bakti sosial ini berbentuk bantuan-bantuan pada masyarakat yang kurang mampu, entah itu bantuan seperti pembersihan lingkungan bantuan sandang maupun pangan

Hal yang bisa dilakukan untuk menggalang dana bisa dengan berdagang, proposal,  atau investasi dengan bentuk kupon.

Selain 2 opsi diatas, ada opsi lain yang dilakukan yaitu sanlat ada baksos dan baksos ada sanlat. Jadi ada 4 opsi, sanlat, baksos, sanlat baksos, baksos sanlat. Setelah diadakan voting, terpilih sanlat ada baksos

Akhirnya dibentuk sebuah tim tentang baksos beranggotaan Sulton, Hasbol, Desti, Lola, dan Dzulfikri. Untuk lebih lanjutnya akan diadakan perkumpulan kembali untuk pembahasan tentang sanlat pada hari selasa tanggal 13 jam 9 pagi

Training

Setelah pembuatan kaos bersama beberapa bulan kemarin, kami berencana membuat celana training. Untuk merealisasikannya kamipun memilih logo yang akan digunakan untuk menjadi logo dalam training kami, Hasbol membantu sebagai desainer logo.

Saur on the road

Jarum jam telah mengarah ke angka 4.30, kami menutup acara ini dengan membaca alhamdalah dan mengucapkan salam.