USUL DAN SARAN BAGI IKPM BANDUNG RAYA

Dzulfikri Al Mutawadli, Alumni Gontor 2008

Assalamu’alaikum wr wb

Melihat revolusi IKPM Bandung Raya(IKPM BR) yang begitu hebat terlihat dari pelantikan IKPM di Balai Kota dan launchingnya website IKPM Bandung Raya, ana tergerak untuk menumpahkan ide dan saran untuk kemajuan IKPM ke depan, tolong jangan dilihat kontribusi ana di IKPM, masih jauh dari aktif, tapi mudah-mudahan ide ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengurus dalam menata langkah kedepan.

Ada tiga poin yang menurut ana sangat penting

1.       Fondasi organisasi & Kantor Sekretariat

Ketika kita di pondok pas anak baru, pasti kita masih ingat ketika OPPM membagikan ad & art oppm dan hasil musyawarah kerja tahunan yang makin tebal dari tahun ke tahun. Begitu pula IKPM, sebuah organisasi tanpa fondasi bagaimana kegiatannya akan terarah, mudah-mudahan IKPM BR bisa cepat membenahi fondasi ini dengan meminta ad & art ke pusat dan alhamdulillah program kerja sudah bisa di buat yang menjadi arah kemana organisasi berjalan.

Sosialisasi kantor sekertariat bisa terus di galakan, mengingat sudah terbentuknya kepengurusan agar semakin banyak alumni tau dimana kantor sekretariat yang resmi, karena banyak alumni maupun orang tua yang ingin memasukan anaknya masih bingung dimana kantor sekretariat.

2.       Ekonomi

Ana mengutip kalimat dari Chairul Tanjung yang intinya “Idealisme akan sulit berjalan tanpa adanya dana, oleh karena itu mandiri dalam mendapat dana agar idealisme tercapai”

Oleh karena itu IKPM yang mempunyai idealisme tinggi mutlak untuk membuat fondasi ekonomi, sesuai dengan salah satu panca jiwa kita, BERDIKARI. IKPM jangan hanya sebatas LSM yang ekonominya mengandalkan dana dari luar, ataupun seperti partai yang mengandalkan dana dari para anggotanya.

Langkah yang menurut ana bisa di tempuh:

    Membuat Badan Usaha Berbentuk Koperasi

Membuat badan usaha resmi berbentuk koperasi yang terdaftar di dinas koperasi dan kemenkumham, akan meningkatkan kepercayaan para alumni dan orangtua alumni sebagai investor, kenapa koperasi, karena koperasi merupakan badan usaha yang adil dilihat dari peran anggotanya sebagai pemegang kebijakan dan laporan keuangan terbuka melalui Rapat Anggota Tahunan, jadi resiko untuk kepentingan pribadi dapat di minimalisir. dari anggota untuk anggota oleh anggota, ketika koperasi IKPM maju, maka IKPM akan ikut maju, ketika IKPM maju jumlah santri dari Bandung bisa bertambah, santri dari Bandung bertambah, makin banyak Gontory di Bandung dan akhirnya Gontory bisa mewarnai Bandung.  Gontor pun menggunakan Koperasi dalam membangun usahanya kan.

    Tentukan Pengurus & pengelola koperasi yang fokus

Kendala yang sering muncul pada IKPM yang menyebabkan sering jalan ditempat adalah pengurus yang menjadikan organisasi IKPM hanyalah rangkap aktifitas, rangkap setelah mengajar disekolah, rangkap setelah bekerja di kantor, walaupun terkadang ide dan konsep mereka yang sibuk sering sangat cemerlang tapi akhirnya hanya menjadi sebuah ide tanpa hasil karena tidak ada yang bisa mengeksekusi. Oleh karena itu, buat dua jenis kepengurusan, pengurus sebagai konseptor dan pengelola sebagai eksekutor yang  pekerjaan utamanya di IKPM, mirip seperti komisaris dan direksi di sebuah perusahaan. Yang menjadi masalah ketika ada pengelola, mereka butuh honor/ihsan. Kita tidak bisa menggunakan filsafat ikhlas seperti dipondok, ikhlas bukan berarti tidak digaji, ikhlas adalah ketika semua kebutuhan hidup dasar terpenuhi, itulah sebab Pondok membuka unit-unit usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar para ustadznya. karena koperasi adalah badan ekonomi, jelas kita bisa memberi honor kepada pengurus asalkan usahanya menuai laba.

Ada dua pilihan dalam mengangkat pengelola yang bisa dilakukan:

  1. Mengangkat pengelola dari alumni fresh graduate, karena etos kerja dan semangat masih tinggi, juga kebutuhan ekonomi belum terlalu besar karena belum berkeluarga. Minimal mau berjuang di tahap awal yang masih kritis.
  2. Mengangkat alumni profesional yang rumahnya dekat dengan tempat usaha IKPM. Ini opsi yang sulit karena kemungkinan alumni tersebut tidak bisa fokus, tetapi bisa tertutupi oleh pengalamannya membangun usaha serupa, sehingga ketika usaha IKPM maju maka alumni tersebut bisa merekrut alumni lain dengan honor yang layak.

    Buat rencana bisnis yang baik dan Bangun bisnis dengan segera

Karena nanti badan usaha IKPM akan berbentuk koperasi, maka anggota menjadi prioritas utama target konsumsi. Berikut beberapa usulan yang bisa dijadikan unit usaha:

  1. Ekspedisi Barang kebutuhan santri ke Pondok

Walaupun usaha ini sudah ada alumni yang memulai, tapi Koperasi IKPM bisa turut serta membangun dan bersaing secara sehat, lebih baik lagi kalau alumni yang telah menjalankan usaha ekspedisi ini mau membantu, demi kemajuan Koperasi IKPM sendiri, sehingga Koperasi IKPM bisa mendapatkan income.

2. Travel dan agen bis perpulangan

Perpulangan santri Gontor Putra dan Putri dari pusat sampai cabang setahun dua kali merupakan peluang yang sangat besar dalam membantu pemasukan Koperasi IKPM, perpulangan dari pondok ke bandung memang diurus oleh PPAT, tapi perpulangan kembali dari bandung ke pondok mudah-mudahan bisa di urus Koperasi IKPM, dulu ketika ana santri juga ada perpulangan kembali yang di urus Koperasi IKPM ‘muda’, tapi ana tidak tau keuntungan dari perpulangan itu kembali kemana(atau mungkin ana yang kurang update). Tapi kalau Koperasi Koperasi IKPM yang mengelola, akan ada tambahan income kembali.

Bisa juga melayani jasa travel mobil kecil untuk mengantarkan santri kerumahnya yang berdekatan.

Kalau sudah sukses bukan tidak mungkin, bisnis travel dan agen bis ini bisa ekspansi pasar ke daerah bandung, bukan hanya memfasilitasi santri juga sekolah-sekolah di bandung yang kepala sekolah atau gurunya alumni maupun selain alumni.

3. Bimbel & Sanlat

Keputusan Ust Hasan Abdullah Sahal dalam menghapus sistem Capel di Gontor 2 bisa di jadikan peluang bagi Koperasi IKPM untuk mendirikan Bimbel dan kursus dalam mempersiapkan tes ujian masuk KMI, dengan niat untuk membantu para anak Bandung masuk Gontor sehingga konsulat priangan bisa bertambah.

Disamping itu, potensi alumni yang begitu banyak, Koperasi IKPM bisa membuat bimbel pelajaran lain seperti bahasa arab, inggris atau pelajaran agama lainnya.

4. Jasa transfer uang.

Walaupun sudah banyak jasa tranfer seperti wesel, wesel instan, western union. Koperasi IKPM juga bisa membuat jasa transfer sendiri yang sampai dalam hitungan menit,  dengan bekerja sama dengan bagian ADM Pondok, lebih baik kalau ada ustadz konsul yang jadi ustadz ADM nya. Teknis sederhananya, Koperasi IKPM membuat beberapa jenis rekening, ADM juga punya beberapa jenis rekening, Koperasi IKPM buka jasa transfer uang dengan tambahan jasa untuk pemasukan Koperasi IKPM. ada dua cara pentransferan. Bayar langsung ke sekretariat, atau lewat transfer bank melalui SMS.

    Untuk apa Laba dan keuntungan dari Usaha Koperasi IKPM

Nanti keuntungan dan laba yang di dapat dari Usaha Koperasi IKPM akan digunakan untuk kemajuan IKPM dan semua program-program dan kegiatan-kegiatannya.

  1. Operasional Harian IKPM
  2. Operasional Kegiatan dan Program IKPM
  3. Penambahan Aset Usaha Koperasi IKPM
  4. Pembiayaan/ Beasiswa pada santri konsul Priangan yang kurang mampu
  5. Bantuan dana bagi Konsulat priangan di seluruh Pondok seperti perpulangan murah ataupun konsumsi gratis ketika penyambutan di Bandung
  6. Sponsorship pada acara-acara pondok seperti DA & PG

    Paguyuban Bisnis dan Koperasi IKPM

Susulan tulisan, sedikit menanggapi dari proker Pengurus.

Paguyuban, Kita bisa membuat group, website, forum seperti indonetwork.co.id atau semacamnya yang berisi database semua bisnis alumni di Bandung Raya sebagai network bisnis. Mungkin ada barang yang kita butuhkan bisa tersedia di teman2 alumni sehingga saling memajukan dan mensukseskan para alumni.

Sedangkan Koperasi, murni Usaha yang dijalankan IKPM yang modalnya bisa dari alumni berupa Setoran Wajib yang nanti di putar menjadi berbagai usaha seperti di jelaskan di atas, keuntungan murni untuk kemaslahatan IKPM bukan untuk pribadi seorang alumni ataupun beberapa, juga laporan keuangannya selalu di laporkan kepada seluruh alumni perbulan melalui website seperti contoh ini.

3.       Pusat Informasi & Komunikasi

IKPM Bandung Raya sudah sangat bagus dalam mengelola informasi,terbukti dengan adanya website, official group dan twitter, hanya ada beberapa masukan yang mungkin bisa membantu:

a)      memaksimalkan peran media seperti website dan group khususnya dalam peliputan berita yang berhubungan dengan IKPM, contohnya Berita pelantikan Pengurus IKPM Bandung Raya, karena ana belum melihat berita tersebut di website, bahkan pengurus bisa membuat liputan berupa video berita yang diupload ke youtube sebagai wujud eksistensi IKPM Bandung Raya.

b)      mentertibkan konten group, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh di posting, saran ana official group khusus membahas permasalahan ikpm dan da’wah islamiah, bagi yang posting bisnisnya, kita bisa membuat group baru yang fokus di networking bisnis, bahkan kita bisa membuat database bisnis alumni sebandung raya, siapa tahu kita saling membutuhkan.

Akhir kata, ana memohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kata yang tak mengena, tulisan ini hanyalah bentuk rasa kecintaan pada IKPM tempat ana bernaung, tak ada yang diinginkan kecuali kemajuan IKPM, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi semuanya, Syukron ‘ala kulli ihtimamikum